SERVER SOFTSWITCH DAN VOIP
Assalamu'alaikum wr. wb.
baiklah kita akan bahas.
Do you know about is softswitch????
A.Pengertian softswtich
1. Pengertian softswitch
Softswitch merupakan entitas berbasis software yg menjadikann fungsi control panggilan pada jaringan IP . Softswitch diperkenalkan dan di perkembangkan oleh international softswitch consortium (ISC), yg sekarang telah berubah namanya menjadi international packet communications consortium (IPCC), terakhir berubah lagi namanya menjadi multiservice switching forum (MSF).
Softswitch adlah suatu alat yg mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dan jaringan paket, termasuk didalamnya adalh jaringan telepon tetap (PSTN) , internet yg berbasis IP, TV, KABEL, dan juga jaringan seluler.
Softswich merupakan sebuah system telekomunikasi masa depan yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan, yaitu mampu memberikan layanan triple play, dimana layanana ini hanya mungkin dilakukan oleh sisitem dengan jaringan yg maju seperti teknologi yg berbasis IP. Softswitch lebih dikeal dengan istilah IP-PBX. Arsitektur jaringan telekomunikasi dimasa yg akan datang dibedakan menjadi dua bagian jika dibandingkan dengan jaringan PSTN yg ada yaitu :
1. Transpor dan teknik switching dilakukan dalam bentuk paket. Hal ini biasa diakukan dalam bentuk Voice Over IP (VoIP).
2. Layanan suara akan disediakan oleh software yg terpisah dari system switching sehingga dapat dikembangkan fitur-fitur sehingga menjadi nilai tambah dalam bertelekomunikasi.
Salah satu bagian yg harus disiapkan adalah node-node pensinyalaan atau titik inerkoneksi system pensinyalaan yg saling menghubungkan kedua jaringan itu agar kedua jaringan dapat berkomunikasi.
2. Fungsi softswitch
• Fungsi Switching
Teknik switching (teknik penyambungan) merupakan salah satu komponen terpenting dalam jaringan telekomunikasi. Dengan ini, komunikasi point-to-point dapat dilakukan tanpa harus menghubungkan langsung kedua node tersebut. Seperti layaknya fungsi switching , softswtich berkemampuan untuk menyambungkan dan memutuskan hubungan sementara. Softswtich mampu mneghubungkan jaringan PSTN dengan jaringan IP dan juga melakukan pengaturan lalu lintas yg berupa suara, data, dan video .
• Fungsi Kontrol
Fungsi konrol pada teknologi softswtich dilakukan oleh media Gateway Controller (MGC), yaitu mengarahkan vice over packet building blocks, memvalidasi akun pengguna, menyediakan akses layanan, merutekan pesan pensinyalan yg dating dari luar atau data dari data yg disimpan oleh sentral telepon itu sendiri. Softswitch mempunyai fungsi translasi seperti layaknya VoIP Gateway, seperti mentranslasikan IP address ke nomor telepon dan menangani rute panggilan yg beeruoa suara, dta, dan video, kecerdasaan yg ada pada softswitch memberikan kemampuan fungsional sebagai control panggilan, dan eksekusi layanan melalui jaringan PSTN ,SS7, jaringan IP, dan ATM.
• Fungsi Pensinyalaan
Signaling yg dilakukan antar-MGC menggunakn protocol MGCP, Megaco, H.323, dan SIP untuk menjaminunjuk kerja ssistem yang optimal. Signalling antara jaringan PSTN yg menggunakan SS7 dengan jaringan IP dilakukan oleh signaling gateway (SG) . Softswitch juga mampu melakukan translasi protocol sehingga dapat menjamin hubungan antara system signalling yg berbeda2 seperti SS7, MGCP, IP, SIP, H.323, dan lainnya. Softswitch melakukan translasi untuk komunikasi point-to-point antara jaringan PSTN dan jaringan IP.
• Fungsi interface
Softswitch mempunyai interface yg disebut application programming interface (API)
Yg membuatnya mampu untuk menambahkan atau mengembangkan server-sserver yg digunakan untuk menmabhkan lauyanan baru.
3. Komponen-komponen softswitch
• Media gateway controller (MGC) atau call agent .
• Signalling gateway (SG)
• Media gateway (MG)
• Media server
• Feauture server
• Operating support system (OSS)
4. Cara Kerja Softswitch
Softswitch, customer gateway , dan IP telephony mengirimkan sinyal satu sama lain dalam jaringan paket dengan menggunakn protocol IP telephony,seperti H.323 atau SIP . Setelah sinyal diterima, softswitch akan mengidentifiaksikan panggilan yg masuk berasal dari jaringan PSTN atau jaringan IP . Jika pihak yg dipanggil menggunakan jaringan IP, SOftswitch akan menginstruksikan customer gateway sumber Dn customer gateway tujuan untuk merutekan suara secara langsung. Dengan cara ini berarti aliran suara tidak pernah meningglakn LAN/WAN. Jika pihak yg dipanggil menggunakan jaringan PSTN, softswitch akan menginstrusikan originating customer gateway untuk meruteken aliran paket suara menuju MG. MG berhubungan dengan sentral local dan sentral trunk pada jaringan PSTN. MG bekerja seiringan denag SG . salah satu contoh implementasi softswitch adalah VoIP atau telepon melalui internet.
B. VoIP
1. Pengertian VoIP
Voice over internet Protocol (disebut VoIP , IP telephony, internet telephony, atau digital phone) adalah teknologi yg memungkin percakapan suara jarak jauh melalui media internet . Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melaui jaringan yg mengirimkan paket-paket data, dan bukan melewati sirkuit analog telepon biasa. Dalam bahasa yg sederhana, VoIP adalah teknik untuk bertelepon diatas jaringan internet. Teknologi yg dikembangkan memungkinkan untuk membangun sentral telepon sendiri hingga pesawat teleponnya. Teknologi VoIP menjadi dasar dari next generation network (NGN) maupun jaringan seluler 4G yg digunakan oleh perator telekomunikasi . Teknik VoIP diadopsi oleh Amatir Radio
(ORARI) untuk menggunakn internet sebagai relay jarak jauh. Teknik VoIP di Amatir Radio dikenal sebagi eQSO.
Definisi VoIP adlah suara yg dikirim melalui internet protocol (IP). Dalam komunikasi VoIP, pemaki melakukan hubngan telepon melalui terminal yg berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakn VoIP, banyak keuntungan diantaranya dari segi biaya jelas lebih murah dibandingkan tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global, biaya perawatan dapat ditekan karena jaringan suara dan data tterpisha sehinggaa IP phone dapat ditambah, dipindah, dan diubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang disembarang Ethernet dan IP Address, tidak sepeerti telepon konvensional yg harus mempunyai port tersendiri disentral atau PBX (Private Branch Exchange).
Voice over Internet Protokol dikenal juga dengansebutan IP telephony, didefinisikan sebagi suatu system yg menggunakan jaringan internet untuk mengirimkan data paket suara dari suatu tempat ke tempat yg lain menggunakan prantara protocol IP . Teknologi ini mampu melewatkan lalu lintas suara yg berbentuk paket melalui jaringan IP. Jaringan IP sendiri merupakan jaringan komunikasi data yg berbasis packet-switch network.
2. Kebutuhan peralatan VoIP
VoIP pada dasarnya beroperasi menggunakan jaringan computer berbasis internet dengan menggunakan protocol TCP/IP, tetapi bukanlah hal yg wajib dipenuhi dalam jaringan internet. Oleh karena itu, VoIP dapat dioperasikan menggunakan jaringan internet publik maupun pada jaringan internal di LAN. Selain keberadaan jaringan computer berbasis internet yg menggunakan protocol TCP/IP, sebuah infrastuktur VoIP yg sederhana tidak membutuhkan peralatan tambahan. Peralatan yg diperlukan VoIP sbb:
a. Komputer yg terhubung ke jaringan TCP/IP atau internet yg dilengkapi dengan kartu suara (sound card) atau bisa pula menggunakan PDA yg terhubung ke wifi.
- Kartu suara (sound card) adalah suatu perangkat keras computer yg digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, sound card hanyalah sebagai pelengkap dari computer . Namun sekarng, sound card merupakan perngkat wajib disetiap computer.
- Berdasarkan cara pemasangannya, sound card dibagi menjadi 3, yaitu sbb:
1. Sound card onboard, yaitu sound card yg menmpel langsung pada motherboard computer.
2. Sound card offboard, yaitu sound card yg pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard
3. Sound card external, yaitu sound card yg penggunannya disambungkanke computer melalui port eksternal, seperti USB atau Firewire.
Untuk memainkan music MIDI, pada awalnya menggunakan teknologi FM synthesis, namun sekarang sudah menggunakan Wavetable Synthesis, sedangkan untuk urusan digital audio, yg dahulunya hanaya 2 kanal (stereo), sekarang sudah menggunakn 4 atau lebih kenal suara (surround). Kualitasnya pun sudah meningkat dari 8 bit, kemudian 16 bit, dan sekarang sudah 24 bit, bahkan 32 bit.
Suara dari sound card, data digital suara yg berupa waveform (wav atau mp3) dikirim ke sound card. Data digital ini diproses oleh DSP (Digital Signal processing) yg bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter), mengubah sinyal digital menjadi analog, kemudian sinyal anlog diperkuaut dan dikeluarkan melalui speaker. Ketika merekam suara melalui mikrofon, suara anda yg direkam berupa analog diolah oleh DSP dalam mode ADC (Analog Digital Converter) dengan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yg berkelanjutaaan. Sinyal digital disimpan dalam format wav atau dikompresi menjadi bentuk lain seperi mp3.
b. Headset yg dilengkapi dengan mikrofon dan speaker
Headset yg dilengkapi dengan mikrofon dan speaker ini tidak kalah penting. Speaker merupakan komponen elektronika yg menerima sinayl masukan dan memberikan respons keluaran berupa frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yg berbentuk selaput.
Software client VoIP berbasis SIP atau IAX disebut dengan softphone yg dapat diperoleh dari beberapa situs, misalnya situs (http://www.voiprakyat.or.id), seperti Cubix, Idefisk, Siphone, X-lite yg berbasis SIP, atau laxlite dan idefisk yg berbasis IAX.
Implementasi sederhana yg dapat dilakukan dari aplikasi VoIP adalah melakukan komunikasi antar computer menggunakan softphone dan headset yg dilengkapi dengan mikrofon dan speaker. Penggunaan VoIP sangatlah fleksibel, biasa menggunakan softphone dan hardphone sebagai interface, pada media softphone-nya terdapat beberapa macam. Agar softhone diperoleh dengna baik ,maka perlu pengaturan instalisai dan knfigurasi account X-Lite dan Idefisk.
- Langkah yg perlu dilakukan instalisai dan konfigurasi account X-Lite dan Idefisk sbb:
b) Download secara geratis software phone (softphone)
c) Instal softphone dikomputer
d) Konfigurasi softphone agar mendapftarkan diri menggunakan akun SIP yg kita miliki.
- Untuk komunikasi PC to PC, harus mendaftar dengan penyedia SIP. Contoh registrasi gratis untuk mendapatkan nomor bebas VoIP Rakyat, lalu harus mengisi beberapa konfirmasi termasuk alamat e_mail, nama, alamat, kota, dan Negara. Pada akhir proses registarasi, dan memasukan kode keamanan yg disediakan.
3. Protokol-protokol penunjang VoIP
Terdapat beberapa protocol yg menjadi penunjang jaringan VoIP, antara lain TCP/IP, SIP, dan H.323
a) TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol)
TCP/IP merupakan sebuah protocol yg digunakan pada jaringan internet. Standardisasi diperlukan agar antar computer terjadi kesepakataan tentang tata cara pengiriman dan sehingga data dapat dikirimkan dan diterima dengan benar. Pprotokol ini terdiri dalam dua bagian besar, yaitu TCP dan UDP serta dibawah lapisan ada protocol yg bernama IP .
1) Transmission Control Protokol (TCP)
Transmission Control Protokol (TCP) merupakan protocol yg menjaga reliabilitas hubungan komunitas end-to-end. Konsep dasar cara kerja TCP adalah mengirim dan menerima segmen-segmen informasi dengan panjang data bervariasi pada suatu datagram internet. Dalam hubungan VoIP, TCP digunakan paada saat signaling, yaitu digunakakan untuk menjamin setup suatu panggilan pada sesi signaling, TCP tidak digunakan pada saat signaling, yaitu digunakan dalam pengiriman data suara karena pada komunikasi data VoIP, penanganaan data yg mengalami keterlambataan lebih penting dari pada penanganan paket yg hilang.
2) User Datagram Protocol (UDP)
User Datagram Protocol (UDP) merupakn salah satu protocol utama di atas IP, yg lebih sederhana dibandingkan dengan TCP. UDP digunakan untuk situasu yg tidak mementingkan mekanisme realibilitas. UDP digunakan pada VoIP saat pengirimaan audio-streaming yg berlangsung terus-menerus dan lebih mementingkan kecepatan pengiriman data agar tiba di tujuan tanpa memerhatikan adany paket yg hilang walaupun mencapi 50% dari jumlah paket yg dikirmkan., karena UDP mampu mengirimkan data streaming dengan cepat. Untuk mengurangi jumlah paket yg hilang saat pengiriman data (karena tidak terdapat mekanisme pengiriman ulang), maka pada teknologi VoIP pengirimaan data banyak dilakukan pada jaringan privat.
3) Internet Protocol (IP)
Internet Protocol (IP) didesain untuk interkoneksi system komunikasi computer pada jaringan paaket switched. Pada jarinagan TCP/IP sebuah computer diidentifikasi dengan alamat IP tiap2 komputer memiliki alamat IP yg unik masing2 berbeda ssatu sama lainnya hal ini dialkukan untuk mencegah kesalahaaan pada transfer data. Terakhir, protocol akses data berhubungan langsung dengan media fisik. Secara umum, protocol ini bertugas untuk menangani pendeteksiaan kesalahan pada saat taransfer data. Untuk komunikasi datanya IP mengimplemantasikan dua fungsi dasar, yaitu pengalamatan dan pragmentasisalah satu hal penting dalam IP pada waktu pengirimaan informasi adalah metode pengelamataan pengirim dan penerima .
SIP adalah suatu protocol signaling pada layer aplikasi yg berfungsi untuk membangun memodifkasi dan mengakhiri suatu sesi multimedia yg melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaraan data antar pengguna meliputi suara, video, dan teks.SIP tidak menyediakan secar langsung, tapi menyediakn fondasi yg dapat digunakan oleh protocol aplikasilainnya untk memberikan layanan lebih lengkap bagi pengguna , misalnya dengan RTP (Realtime Transfort Protocol) untuk transfer data secara realtime , dengan SDP untuk mendeskripsikan sesi multimedia dengan MEGACO (Media Gatewy Control Protocol) untuk komuniksai dengan PSTN (Public Switch Telephone Network) Fungsi dan operasi dasar SIP tidak tergantung pada protocol tersebut, dan juga tidak tergantung pada protocol transport layer yg digunakan.
- Pembanguanana suatu komunikasi multimedia dengan SIP dilakukan melalui beberapa tahap sbb:
2. User avaibility, adalah menentukan tingkat keinginaan pihak yg dipanggil untuk terlibat dalam komuniakasi.
3. User capability, adalah menentukan media maupun parameter yg berhubungan dengan media y/g digunakan untuk komunikasi.
4. Sesssion setup, adalah pembentukan hubungan antara pihak pemanggil dengan pihak yg dipanggil.
5. Session management, meliputi transfer, modifikasi, dan pemutusan sesi. Secara garis besar SIP merupakan yg digunakan untuk membangun,memodifikasi, dan mengakhiri suatu ses. Pengunaan protocol codec video, audio, dan realtime protocol H.323 tetap sama, hanya bebeda dalam sesi signaling sambungan VoIP.
- Protokol lain yg juga sempat populer adalah MGCP (Media Gateway Control Protocol). Protokol ini lebih sering digunakan untuk mengontrol titik komunikasi di VoIP. MGCP memiliki fitur tambahan yg unik,yakni call waiting.
c) H.323
Salah satu standar komunikasi pada VoIP menurut rekomendasi ITU-T adalah H.323 (1995-1996). Standar H.323 terdiri dari komponen, protocol, dan prosedur yg menyediakan komunikasi multimedia melalui jaringan berbasis paket. Bentuk jaringan berbasis paket yg dapat dilalui antara lain jaringan internet, internet packet excahange (IPX)-based, Local Area Network (LAN),dan Wide Area Network (WAN ). H.323 dapat digunakan untuk layanan2 multi media seperti komunikassi suara (IP telephony), komunikasi video dengan suara (video telephony). Dan gabungan suara, video, dan data.
- Standar protocol H.323 mengatur hal2 berikut:
2. Audio codec (G.711,G.722,G.723, G. 728 dan G.729). Audio codec bertugas mengkodekan data dari sumber suara untuk dikirimkan dan menkodekan sinyal kode yang kode yang diterima untuk didengarkan oleh penerima.
3. Data chancel mendukung aplikasi2, seperti whiteboard elektronik dan kolaborasi aplikasi. Standar untuk aplikasi2 seperti ini adalah standar T.120. Aplikasi dan Protokol yg berbeda tetap dapat dijalankan dengan negosiasi menggunakan standar H.245
4. Sistem control unit (H.245 dan H.255.0), menyediakan signaling yg berkaitan dengan komunikasi anta terminal H.323
5. H.225.0 layer memformat data video, suara, data, dan informasi control lain sehingga dapat dikirimkan melalui LAN interface sekaligus menerima data yg telah diformat melalui LAN interface. Sebagai tambahan, layer inijuga bertugas melakukan error detection, error correction, dan frame sequencing agar data dapt mencapai tujuan dengan kondisi data dikirimkan. LAN interface harus menyediakan koneksi yg andal. Untuk flow control unreliable. Data chanel connection (missal: UDP) dapat digunakan untuk pengiriman audio dan channel video.
4. Cara kerja jaringan VoIP
Inti dari VoIP terdapat pada jantung VoIp, yaitu jaringan softswitch yang menyimpan semua informasi tentang pelanggan. dalam pandangan sederhana , Voip softswitch pada dasarny memiliki table pemetaan nomor telepon pelanggan dan computer atau IP alamat pelanggan. Jika ada salah satu pelanggan yg ingin melakukan panggilan maka pelanggan tersebut meminta pada softswitch untuk mengetahui alamat dan tujuan pelanggan yg lain. Alamt tujuan bisa menjadi alamat IP. Jadi, pada dasarnya softswitch merupakan tempat berkumpulnya semua nomor telepon pelanggan dan IP alamat.
Cara kerja VoIP adalh mengubah suara analog yg didapatkan dari speaker pada computer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui hub/router/modem ADSL dikirimkan melalui jaringan interne dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yg sama . Atau bisa juga melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yg disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.
Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital, yaitu sebelum dikirim data yg berupa sinyal analog diubah dengan data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan disisi peneriama dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP digitalisasi suara dalam bentuk paket data , dikirmkan dn di pulihkan kembali dalm bentuk suara disisi penerima. Format digital lebih mudah dikendalikan, dalam hal ini dapat dikompresi dan dapat diubah ke format yg lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise (ganguan ) dari pada analog.
Dalam system VoIP adalah computer terhubung dengan internet . Syarat2 dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah computer yg terhubung ke internet, mempunyai sound card yg dihubungkan dengan speaker dan mikkrofon. Dengan dukungan software khusus, kedua pemakai computer bisasaling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk pertukaraanya bisa file, suara, dan gambar. Penekanaan utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara.
Sistem koneksi VoIP Mengalami evolusi. Bentuk peralatannya pun berkembang, tidak hanya berbentuk computer yg saling berhbungan, tetapi aa peralatan lain seperti pesawat telepon biasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital denga untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaraingan analog telepon biasa.
Komunikasi antara computer dengan pesawat (extension) di kantor bentuk komunikasinya bukan suara saja, Bisa pesan (chatting) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk video conference. Komunikasi ini lebih dikenal dengan IP telephony yg merupakan komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan bentuk komunikasi suara (VoIP). Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan, dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular dimasyarakat umum.
Prinsip kerja dari system layanan VoIP adalah client-client yg terhubung dalam system tersebut mempunyai nomor IP address sendiri. Masing2 client harus terdaftar di IP PBX server agar bisa beerkomunikasi antar client, Setelah registrasi, setiap client akan mendapatkan akun user. Client jika ingin berkomunikaksi client lain harus men-dial nomor user dari client tujuan sesuai dengan nomor registrasi yg diberikan oleh IP PBX server. Komunikasi ini selalu dimonitor oleh server.
Asterisk adalah salah satu software server VoIP yg didistribusikan melalui GPL (GNU General Public License), seperti software open source lainnya, dapat di-download gratis dari internet. Astresik disebut sebai IP PBX karena memiliki fungsi dan kemampuan layaknya PBX, namun berbasis IP. Dengan asterisk, konfigurasi sebuah IP PBX dibedakan menjadi dua bagian besar, yaitu konfigurasi data2 dari sebuah akun, baik berupa account extension ( terminal) maupun trunk, yg menghubungkan IP PBX dengan jaringan yg lain. Data account mempresentasikan nomoor atau nama dari user IP PBX, atau nomor atau nama dari server atau IP PBX lain.
5. Aplikasi VoIP
I. Skype
Salah satu aplikasi VoIP yg banyak digunakan masyarakat adalah Skype . Skype . adalah software aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna skype. Pada saat menggunakn skype, maka penggunaaa skype yg sedang online akan mencaripengguna skype lainnya lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan pengguna2 lainnya. Skype memiliki berbagi macam fitur yg dapat memudahkan penggunanya.Skype juga dilengkapi dngan SkypeOut dan Skyplen yg memungkinkan pengguna skype untuk berhubungan dengan pengguna telepon konvesional dan pengguna telepon genggam. Skype menggunakan protocol htp untuk berkomunikasi dengan skype server, untuk autenttikasi username password dan registrasi dengan directory skype server. Versi modifikasi dari protocol http digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama skyple client. Keuntunag yg dimiliki aplikasi ini adlah trsedianya layanana keamanan dalam pentranisian data yg berupa suara.
II. Netmeeting
Netmeeting adalah aplikasi yg dikembangkan oleh Microsoft, meruoakn salah asatu aplikasi yg mendukung VoIP dan juga video conference. Aplikasi ini menggunakan protocol H.323 untuk video dan audio conference. Sama dengan aplikasi lainnya netmeeting tetap memrlukan regisstrasi untuk mendaptakan user id dan password agar bis berkomunikasi dengan para penggguna netmeeting lainnya.Aplikasi ini sudah ada dalam system operasi Windows XP.
III. X-Lite
Adalah sebuah aplikasi open source pendukung VoIP yg menggunakan teknologi SIP ( Session Initiation Protocol). X-Lite dikemabngkan pertama kali oleh counterpath. Terdapat dua rilis yg telah dikeluarkan untuk aplikasi ini yg mempunyai perbedaan dalam hal fitur X-Lite 2.0 digunakan untuk mencintosh dan Linux yg menggunkan X-Pro code base dan X-lite 3.0 untuk windows yg menggunakan evebeam code base. X-Lite 2.0 hanya untuk suara saja, sedangkan X-Lite 3.0 sudah memiliki fitur suara, video, dan instan messaging atau media untuk chatting .
6 . keuntungan dan kelemahan Voip
Keuntungan dan kelemahan Voip sebagai berikut:
a. .keuntungan Voip
1. Biaya lebih renndah untuk sambungan langsung jarak jauh
Penekanan utama dari Volp adalah biaya. Dengan dua lokasi yg terhubung dengan internet, maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
2. Memanfaatkan onnfrastuktur jaringan data yg sudah ada untuk suara
VoIP berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkin, jaringan yg ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah dan tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahaan komunikasi suara.
3. Penggunaan bandwidth
Dengan majunya teknologi, penggunaan bandwidth untuk suara sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8 kbps bandwidth.
4. Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon local yg sudah ada
Dengan adanya gateway, bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa.
5. Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yg besar
Contoh diindonesia adalah VoIP Rakyat.
6. Variasi penggunaan peralatan yg ada, misal dari PC disambung ke telepon biasa, IP phone handset,dan sebagainya.
b. Kelemahan dari VoIP
1. Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN
Kondisi ini merupakan efek dari kompresi suara, dengan bandwidth kecil, maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvesioanal. Namun jika konneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita lebar/broadband, maka suara yg dihasilkan akan jernih
2. Ada jeda dalam berkomunikasi
Proses perubahaan data menjadi suara dan jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi broadband.
3. Regulasi dari pemerintah membatasi penggunaan untuk disambungkan ke jaringan milik Telkom
4. Jika memakai internet dan computer dibelakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan.
5. Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet
6. Peralatan relative mahal
Peralatan VoIP yg menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapakan dengan makin populernya VoIP ini, maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
7. Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/stuck
Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yg ada menjadi penuh jika tidak di atur dengan baik. Pengaturan bandwidth perlu dilakukan agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
8. Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam system penomoran.
C. Diagram VoIP
gambar .diagram VoIP
- Contoh proses kerja diagram VoIP sederhana sbb:
1. Komputer client 1 men-dial computer client 2 dengan memanfaatkan layanan yg diberikan oleh server IPBX.
2. Komputer client 2 menerima panggilan dari computer client 1.
3. Mikrofon computer client 1 menangkap gelombang suara dari user 1
4. Gelombang suara tersebut akan diubah menjadi paket data digital.
5. Kemudian akan dikirimkan ke server IPBX melalui hub.
6. Setelah itu akan diteruskan ke computer klien 2 melalui hub
7. Paket data digital tersebut akan diubah menjadi data analog sehingga akan menjadi gelombang suara yg akan dikeluarkan melalui speaker.
Demikian,Mohon maaf bila ada kekurangan karena sya masih tahap dalm pembelajaran. Semoga bermanfaaat ..dan TERIMA KASIH
Wassalamu'alaikum wr. wb
Iya sama2
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmantull min
BalasHapustang cucut